IT AND ENTREPRENEUR
Entrepreneur atau wirausaha adalah kegiatan yang menarik
untuk dibicarakan karena sangat menjanjikan karir dan kebahagiaan finansial
bagi yang berhasil dan sukses menjadi entrepreneur. Menjadi seorang
entrepreneur dapat dijalani pada segala bidang, termasuk di bidang ilmu
teknologi, apalagi sekarang sudah jamannya internet, sehingga orang tidak perlu
lagi susah payah untuk memulai sebuah usaha tanpa takut kekurangan modal.
Setiap orang dapat memulai bisnisnya secara mudah dengan menggunakan internet,
dan fasilitas berbasis IT lainnya. Bahkan di dunia Teknologi Informasi (IT)
disebut-sebut sebagai dunia usaha yang paling banyak menghasilkan entrepreneur
yang sukses secara bisnis maupun keuangan. Sebagai contohnya Mark Zuckerberg,
dia adalah seorang entrepreneur muda dibidang IT yang memanfaatkan internet dan
telah sukses diusia mudanya.
Melihat kondisi dan situasi wirausaha di bidang IT yang
sangat menguntungkan ini tidak heran jika banyak yang ingin mendirikan usaha
dibidang IT. Untuk menjadi seorang entrepreneur dibutuhkan lebih dari sekedar
semangat. Ketrampilan dan kemampuan adalah faktor utama untuk menjadi seorang
entrepreneur di bidang IT. Misalnya kemampuan dalam bidang penjualan (Salesmanship), kemampuan dalam bidang
teknis, pemahaman tentang keuangan perusahaan (Accounting) dan juga kemampuan dalam bidang Human-Relationship. Seorang entrepreneur sejati juga memiliki
pikiran yang tidak takut untuk rugi. Selain
memerlukan kemampuan pribadi, akan lebih mempermudah kita jika bekerja dalam
sebuah tim yang hebat dan mempunyai keahlian yang mumpuni yang dibutuhkan dalam
berbisnis dibidang IT.
Berbisnis pada umumnya adalah untuk mencari celah dimana
seseorang tersebut akan berbisnis dengan menggunakan modal yang seminimal
mungkin namun menghasilkan keuntungan yang semaksimal mungkin. Dengan
menggunakan berbagai cara dan taktik yang tepat, seorang entrepreneur bisa saja
menuai hasil yang maksimal dalam waktu yang singkat. Jika sudah memiliki
keahlian dan menghasilkan barang yang berkualitas, kita hanya perlu untuk
melakukan pendistribusian barang yang telah kita buat kepada pelanggan (Konsumen).
Jangan remehkan kepentingan dan kebutuhan pelanggan, karena darisanalah tujuan
kita membuat bisnis dan mengambil keuntungan dari pelanggan, jika pelanggan
merasa tidak puas dengan apa yang kita sediakan maka pelanggan akan berpindah
ke distributor yang lain.
Selain mementingkan kebutuhan pelanggan, iklan juga sangat
berpengaruh dalam pengenalan produk kita kepada pelanggan, bagaimana konsumen
ingin membeli produk kita tapi mereka tidak mengetahui produk kita. Jadi
buatlah produk kita menjadi “Easy to
Find” atau menjadi mudah ditemukan. Selain “Easy to Find”, seorang entrepreneur yang baik juga memikirkan
kemudahan konsumen dalam proses pemesanan suatu produk (Easy to order), dan yang terakhir yaitu “Easy to Check” dimana barang yang telah dibeli oleh konsumen dicek
kembali, seperti status barang, orderan, transaksi dan semua hal yang kiranya
perlu dilakukan pengecekan, hal ini bertujuan agar pelanggan merasa yakin, aman
dan nyaman berbisnis dengan kita.
Dunia entrepreneur bisa dibilang dunia yang menantang
terutama bagi mereka yang telah memahami segala resiko yang bisa terjadi dalam
dunia bisnis, tapi kesuksesan dan imbalan yang melimpah juga bisa mereka
rasakan jika mereka menguasai dunia bisnis dan berhasil menjalaninya. Salah
satu bidang yang banyak menghasilkan entrepreneur muda yang sukses adalah
dibidang IT. Meskipun banyak menghasilkan entrepreneur muda yang sukses,
berbisnis di bidang IT juga merupakan bidang yang paling ketat persaingannya.
Kondisi lingkungan usaha juga sangat
berpengaruh dalam kemajuan bisnis yang kita jalankan. Sebagai contoh, kita
tidak akan bisa menanam padi di padang pasir, begitu pula sebaliknya, ditanah
yang subur kita tidak perlu bersusahpayah untuk menanam suatu tanaman, mereka
akan tumbuh subur dengan sendirinya.
Comments
Post a Comment