Skip to main content

ads

PENCEGAHAN STUNTING PADA IBU HAMIL

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh dan gagal kembang pada anak balita yang disebabkan kurangnya asupan di 1000 hari pertama kehidupan. Untuk mencegah stunting pada ibu hamil butuh yang namanya ragam makanan atau gizi seimbang di trimester 1 sampai trimester 3.
Ibu Hamil

Ragam makanan yang dianjurkan pada ibu hamil:

1.        Pada trimester 1 yaitu usia kehamilan 1 minggu –13 minggu terjadi pembentukan, pertumbuhan dan perkembangan yang cepat pada janin. Pada trimester ini ibu hamil sangat membutuhkan asupan zat gizi berupa:

a.       Asam Folat untuk pembentukan system saraf pusat dan otak. Asam folat banyak ditemukan pada alpukat, bunga kol, bayam, kacang hijau dan jeruk.

Sayuran Bayam Buah Alpukat Kacang Hijau

b.       Asam lemak tidak jenuh dibutuhkan janin unyuk tumbuh kembang system saraf pusat dan otak. Asam lemak tidak jenuh terdapat pada ikan laut, minyak zaitun, minyak biji bunga matahari dan alpukat.

Minyak Biji Bunga Matahari Minyak Zaitun Buah Alpukat

 c.Vitamin B12 yang sangat dibutuhkan janin untuk perkembangan sel. Vitamin B12 terdapat pada udang, ikan, ayam, telur dan daging merah.

Udang Daging Ayam

2.     Pada trimester 2 dan 3 yaitu usia kehamilan 14 minggu sampai dengan 41 minggu terjadi pertumbuhan dan perkembangan janinsemakin cepat pada tulang, telinga, tangan dan kaki semakin sempurna. Janin juga sudah mempunyai kulit tipis, jantung mulai berdetak dan janin mulai bergerak. Pada trimester 2 dan 3 ibu hamil membutuhkan zat gizi berupa :

a.        Vitamin C untuk membantu penyerapan zaqt besi, kalsium dan sebagai antioksidan. Vitamin C banyak terdapat pada jambu biji merah, jeruk, kiwi, pepaya dan strawberry.

Jambu Biji Merah Buah Jeruk Buah Kiwi

b.       Zat Besi untuk membentuk sel darah merah yang membawa oksigen dan zat gizi ke semua sel ibu dan janin. Zat besi banyak terdapat pada daging merah, hati ayam, daun katuk, dan tempe.

Daging Merah Hati Ayam

c.        Kalsium untuk pembentukan tulang dan gigi banyak dijumpai pada bahan makanan seperti susu, keju, ikan teri, temped an brokoli.

Ikan Teri Keju Susu

d.       Vitamin A untuk proses metabolism, pembentukan system syaraf dan tulang. Vitamin A terdapat pada bahan amkanan berupa minyak ikan, hati sapi/ayam, kuning telur, labu kuning, kangkung dan mentega.

Kuning Telur Mentega Minyak Ikan

e.       Serat untuk mencegah konstipasi dalam proses metabolism. Serat terdapat pada semua jenis sayur dan buah-buahan.

Buah-buahan Sayur-sayuran

f.         Zinc untuk membantu proses metabolism dan pertumbuhan ezim dan hormone serta peningkatan sintesa protein. Zinc terdapat pada ikan, udang, tempe, daging merah dan daging ayam.

Ikan Udang Daging Ayam

Selain harus memperhatikan asupan gizi seimbang, ibu hamil juga harus memperhatikan kenaikan berat badannya. Penambahan berat badan yang normal pada ibu hamil dengan status gizi normal adalah:

a.        Pada trimester 1 kenaikan berat badan sebanyak 0,5kg / bulan.

b.       Pada trimester 2 dan 3 kenaikan berat badannya sebanyak 0,5 kg / minggu.

Atau jika status gizi ibu hamil sengan Indeks Masa Tubuh (IMT) sebelum hamil yaitu:

a.        < 19,9 lg/m2 (kurus) kenaikan berat badan yang baik 12-18 kg

b.       19,9 – 26 kg/m2 (normal) kenaikan berat badan yang baik 11,5 – 16 kg

c.        >26 kg/m2 (gemuk) kenaikan berat badan yang baik 7 – 11,5 kg

Lebih dari itu untuk mencegah Stunting ibu hamil juga harus membatasi asupan gula, garam dan lemak yang berlebih, minum air 8-9 dalam sehari, cuci tangan pakai sabun menggunakan air bersih dan mengalir sebelum dan sesudah makan, ibu hamil juga harus memeriksakan kehamilan secara teratur ke petugas kesehatan.

Video Pencegahan Stunting pada Ibu Hamil

Comments

ads

Postingan Populer

STUNTING, apa itu Stunting?

Stunting, taukah Anda apa itu stunting? Atau mungkin diantara kalian pernah mendengar istilah stunting tapi tidak tau apa artinya? Stunting adalah istilah yang sering disebut untuk kasus pertumbuhan anak yang terganggu karena kurangnya asupan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Stunting atau istilah lain menurut WHO adalah anak yang secara antropometri lebih pendek dari rerata tinggi badan normal anak-anak seusianya. Stunting menggambarkan adanya masalah gizi kronis yang dipengaruhi dari kondisi ibu/calon ibu, masa janin, dan masa bayi/balita, termasuk penyakit yang diderita selama masa balita. Seperti masalah gizi lainnya, tidak hanya terkait masalah kesehatan, namun juga dipengaruhi berbagai kondisi lain yang secara tidak langsung mempengaruhi kesehatan. Stunting saat ini tengah menjadi topik utama yang diperbincangkan di dunia gizi, dan menurut para ahli gizi stunting merupakan ancaman terbesar bagi kualitas hidup manusia di masa mendatang. Tidak hanya urusan tin

CARA MENYIMPAN GARAM YANG BAIK DAN BENAR

Pernahkah Anda Memperhatikan Bagaimana Cara Menyimpan Garam Yang Baik dan Benar?? Garam adalah salah satu bumbu masak yang paling umum digunakan oleh ibu rumah tangga, maupun pedagang makanan. Dimana garam memberikan rasa asin, sehingga menambah cita rasa pada makanan. Tapi taukah Anda bahwa Garam mengandung Yodium di dalamnya? Iodium atau yodium sendiri adalah senyawa kimia yang bersimbulkan huruf I dengan nomer atom 53 BA: 126,9044. Merupakan zat gizi yang sangat sedikit dibutuhkan dan bersifat esensial bagi manusia untuk membentuk hormon thyroid. Jadi Garam beryodium adalah garam yang telah diperkaya dengan larutan Iodium 30 - 80 ppm (SNI) Lantas Mengapa Menyimpan Garam Menjadi Penting? Karena garam adalah salah satu jenis bumbu makanan yang telah diperkaya dengan larutan Yodium dan mampu mengatasi masalah GAKI (Gangguan Akibat Kekurangan Iodium) di Indonesia. Akibat GAKY 1. Gangguan Thyroid yaitu Hiperthyroid dan Hipothytoid 2. Gan

MARASMUS, KWASHIORKOR dan MARASMIK - KWASHIORKOR adalah GIZI BURUK

GIZI BURUK merupakan kondisi tubuh terparah akibat malnurisi atau kekurang gizi dalam kurun waktu yang cukup lama. Gizi buruk umumnya terjadi pada anak-anak, sering kali disebabkan kurangnya asupan makan yang bergizi dan penyakit-penyakit tertentu yang menyebabkan proses penyerapan zat-zat gizi penting yang diperlukan oleh tubuh terganggu. GIZI BURUK disebut juga BUSUNG LAPAR yang mempunyai beberapa bentuk klinis diantarnya yaitu marasmus, kwashiorkor dan marasmik - kwashiorkor.  MARASMUS Marasmus terjadi saat tubuh kekurangan energi. Marasmus dapat menyebabkan pertumbuhan terhambat, lemak dibawah kulit berkurang, otot dan jaringan lain dalam tubuh menghilang. Marasmus umum terjadi di Negara berkembang, dapat dialami oleh anak-anak dan orang dewasa. Pada anak-anak dan khususnya balita, kondisi ini lebih mungkin terjadi dan memiliki tingkat keparahan yang lebih tinggi. Tanda dan gejala marasmus antara lain: Berat badan (BB) kurang menu

ads